MTB


Downhill adalah bagian dari disiplin Mountain Bike. Mountain bike sendiri mulai populer di akhir dekade 1970-an saat sekelompok anak muda di California membawa sepeda tua mereka menyusuri jalan setapak di pegunungan.

Di awal 1980-an, para pionir, seperti Joe Breeze, Gary Fisher dan Tom Ritchey, mulai membuat rangka sepeda gunung dan menjualnya. Olahraga ini semakin berkembang dan mulai dilombakan. Kejuaraan dunia Mountain Bike yang pertama diadakan pada tahun 1990, sementara seri Piala Dunia digelar setahun berikutnya.

Downhill adalah lomba untuk mencatat waktu tercepat di mana setiap atlet dilepas secara perorangan melewati jalur menuruni gunung yang penuh dengan rintangan. Atlet harus menunjukkan kemampuannya untuk mengatasi berbagai rintangan, seperti jalur yang sempit berliku, akar pohon, rock garden, dan rintangan alami lainnya dengan kecepatan 70-80 km/jam.



National Championships atau yang lebih dikenal dengan kejuaraan nasional adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh federasi nasional anggota UCI. Event ini diikuti oleh pembalap terbaik yang dinominasikan oleh Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia dan sang juara berhak atas national jersey serta UCI point yang dihitung dalam ranking UCI.

More

Ranking nasional ditentukan berdasarkan poin yang didapat oleh setiap atlet pada event/lomba yang diakui oleh PB ISSI dan masuk dalam national series. Poin tersebut akan diakumulasi hingga akhir musim dan pembalap dengan poin tertinggi berhak menggunakan National Stripes pada musim balap berikutnya.

More