Trial


Trial merupakan salah satu disiplin bersepeda yang paling mengesankan dan spektakuler. Beda dari yang lain, faktor utama Trial adalah stabilitas dan kontrol  sepeda dalam situasi ekstrim di mana kecepatan juga berperan penting.

Di tengah hutan maupun kota, di ruang terbuka maupun tertutup, olahraga Trial dipraktekkan di seluruh dunia oleh anak-anak berumur 4 tahun hingga orang dewasa di atas usia 60 tahun.

Trial berawal di tahun 1970-an di Eropa sebagai cabang dari kegiatan serupa dari versi sepeda motor. Sejak tahun 1985, Trial sepeda diakuisisi dan menjadi bagian dari disiplin yang diakui UCI dan telah berkembang pesat sebagai olahraga bersepeda.

Salah satu Kejuaraan Dunia UCI tertua di off-road adalah Trial, yang edisi pertamanya diselenggarakan pada tahun 1986. Cross country dan downhill bahkan belum diselenggarakan sampai tahun 1990, dan BMX baru tahun 1996.

Kini secara umum diakui bahwa keterampilan, kontrol, dan pengalaman yang diperoleh dari berolahraga Trial, fundamental untuk mengembangkan keahlian yang dibutuhkan oleh disiplin bersepeda lain maupun sepeda motornya.

Sasaran dari perlombaan olahraga ini adalah untuk melalui berbagai rintangan dalam beberapa bagian (section) tanpa menurunkan kaki dan hanya roda yang menyentuh trek, karena akan menghasilkan poin hukuman (dab). Usai menjalani serangkaian bagian (section), pembalap yang memiliki poin hukuman paling sedikit dan tercepat dinyatakan sebagai pemenang.

Ukuran roda yang paling umum digunakan dalam disiplin Trial adalah 18, 20, 24, dan 26 inci.

Kategori berikut ini secara resmi diakui oleh UCI:

  • Kelas 20″ (ukuran roda antara 18″ sampai 23″)
  • Kelas 26″ (ukuran roda antara 24″ sampai 26″)
  • Kelas Terbuka (ukuran roda bebas antara 18″ sampai 26″)

Event utama untuk Trial UCI di dunia UCI Trials World Championships yang pertama berlangsung pada tahun 1986. UCI Trials World Cup memulai debutnya 14 tahun kemudian. Titel Juara Dunia terbanyak dimenangkan oleh pembalap dari Belgia, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Swiss.

UCI Trials World Youth Games adalah event Trial berskala dunia yang paling penting bagi anak-anak di bawah usia 16 tahun, laki-laki dan perempuan, di mana edisi pertamanya berlangsung pada tahun 2000.

Spesialisasi Trial lainnya

Street Trials
Memanfaatkan segala bentuk objek di lingkungan perkotaan dengan pengaruh kuat dari gaya bebas dan kreatifitas. Variasi Trial yang lebih ‘mengalir’ ini tetap meliputi keterampilan yang sama seperti kontrol yang sangat presisi, melompat, menyeimbangkan pada rintangan yang sangat sempit, dan sebagainya, namun tidak terikat  pada peraturan yang baku.

Speed Trials
Dua pembalap beradu cepat dalam trek pendek-simetris sekitar 10~15m  dan dipenuhi dengan beragam rintangan. Orang pertama yang berhasil menaklukan seluruhnya dinyatakan sebagai pemenang.

High Jump Contest
Peserta pada posisi statik dengan bersepeda harus berusaha melompati sebuah palang yang ditempatkan pada ketinggian tertentu tanpa menjatuhkan bar tersebut. Pesepeda Trial papan atas rata-rata dapat melakukannya dengan ketinggian lebih dari 1,40m.


No event found!

National Championships atau yang lebih dikenal dengan kejuaraan nasional adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh federasi nasional anggota UCI. Event ini diikuti oleh pembalap terbaik yang dinominasikan oleh Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia dan sang juara berhak atas national jersey serta UCI point yang dihitung dalam ranking UCI.

More

Ranking nasional ditentukan berdasarkan poin yang didapat oleh setiap atlet pada event/lomba yang diakui oleh PB ISSI dan masuk dalam national series. Poin tersebut akan diakumulasi hingga akhir musim dan pembalap dengan poin tertinggi berhak menggunakan National Stripes pada musim balap berikutnya.

More