Aiman dan Robin Jadi Andalan di Kejuaraan Asia 2018

February 7, 2018 6:39 pm

Jakarta. Aiman Cahyadi dan Robin Manullang akan menjadi andalan tim nasional balap sepeda di 2018 Asian Cycling Championships yang berlangsung di Nay Pyi Taw, Myanmar, 6-12 Februari 2018.

Robin akan turun di nomor Individual Time Trial dan Individual Road Race elit putra, sementara Aiman akan fokus di nomor Individual Road Race elit putra. Selain itu, PB ISSI juga mengirim Jamal Hibatullah yang akan turun di nomor Individual Time Trial dan Individual Road Race U23 putra.

Penampilan Aiman memang terbilang konsisten. Di Tour d’Indonesia 2018 akhir Januari lalu, pembalap yang tergabung dalam Team Sapura Cycling itu merebut gelar Pembalap Indonesia Terbaik dan menempati peringkat delapan klasemen umum. Robin, yang tergabung dalam tim PGN Road Cycling, menempati peringkat 24 pada klasemen akhir.

Di Kejuaraan Asia, keduanya akan kembali bertemu dengan kompetitor yang mereka hadapi di Tour d’Indonesia 2018, yaitu juara Peerapol Chawchiangkwang dari Thailand, pembalap Laos Ariya Phounsavath, dan juga para pembalap Malaysia yang tergabung dalam Team Sapura dan Terengganu Cycling Team.

“Kejuaraan Asia ini menjadi uji coba awal dalam rangka menghadapi Asian Games 2018. Di sana kami bisa mengukur sejauh mana kekuatan para pembalap kami dan juga kekuatan kompetitor di Asian Games,” kata manajer timnas, Budi Saputra, Rabu (7/2).

Budi mengatakan awalnya Jamal akan diturunkan di kelas elit. Namun, akhirnya Jamal diturunkan di kelas U23 setelah melihat peluang bersaing di kelas tersebut lebih besar.

Tim nasional balap sepeda akan mulai menjalani kompetisi pada Jumat (9/2) saat Jamal turun di nomor ITT U23 putra, dengan jarak 33,5 kilometer. Setelah itu, Robin akan menjalani balapan di nomor ITT elit putra berjarak 40 kilometer, pada Sabtu (10/2). Keesokan harinya, Jamal akan kembali berlomba kali ini di nomor IRR U23 putra dan menempuh jarak 154 kilometer. Di hari terakhir, Senin (12/2), giliran Aiman dan Robin berlomba di nomor IRR elit putra yang menempuh jarak 182,6 kilometer.

ICF Editor | Tags: , , , ,