Berebut Jersey Merah-Putih di Kejurnas BMX 2018

July 7, 2018 6:00 pm

Sirkuit Youth Center, Mlati, Sleman, akan menjadi saksi persaingan antar atlet BMX dalam gelaran Kejuaraan Nasional BMX 2018 yang berlangsung akhir pekan ini.

Di nomor elit putra, Juara Nasional 2017 I Gusti Bagus Saputra akan bersaing dengan Juara Asia 2018 Rio Akbar, dan juga Olimpian Tony Syarifudin.

Ketua Bidang Perlombaan PB ISSI, Parama Nugroho, mengatakan gelaran ini akan diikuti oleh total 36 atlet yang turun di berbagai kategori, dari elit hingga challenge.

“Kejuaraan nasional ini digelar oleh PB ISSI bekerja sama dengan Pengurus Daerah PB ISSI Yogyakarta sebagai tuan rumah. Latihan resmi akan digelar pada Sabtu dilanjutkan dengan lomba di Minggu pagi,” kata pria yang akrab disapa Nunung ini, Sabtu (7/7).

Gelar juara nasional akan diperebutkan di empat kategori, yaitu elit putra, elit putri, junior putra, dan junior putri. Di nomor elit putra, ada 17 atlet yang akan ambil bagian, sementara junior putra akan diikuti oleh 12 atlet. Di bagian putri, dua atlet akan turun di elit dan lima atlet di kategori junior.

Selain untuk memperebutkan gelar juara nasional, gelaran ini juga akan menjadi ajang pemanasan menghadapi Asian Games 2018, yang dimulai 18 Agustus mendatang. Selain itu, para atlet di kategori elit dan junior juga akan memperebutkan poin UCI pada kejuaraan nasional ini.

Selain kategori elit dan junior, event ini juga melombakan kategori challenge dan master sebagai lomba pendukung. Kategori challenge dibagi untuk putra dan putri, sementara kelas master akan terdiri dari dua kategori, yaitu putra 25-29 tahun dan 30 tahun ke atas. Tercatat total 140 atlet ambil bagian dalam kejuaraan nasional kali ini.

“Selain untuk pembinaan prestasi di kategori elit, kami juga ingin mencari generasi penerus sehingga kami juga menggelar kelas challenge untuk putra dan putri. Kami melihat animo untuk kejuaraan nasional kali ini cukup menggembirakan,” kata Nunung lagi.

ICF Editor | Tags: ,