Popo dan Tiara Bidik Podium

May 12, 2017 6:00 pm

Jakarta. Tiara Andini mencatat waktu tercepat kedua dalam seeding run nomor downhill elit putri Kejuaraan MTB Asia 2017 di Xuancheng, Tiongkok, yang berlangsung Jumat (12/5),sementara Popo Ario Sejati mencatat waktu tercepat kelima di elit putra.

Seeding run tersebut akan menentukan posisi start para atlet dalam lomba disiplin downhill yang akan berlangsung Sabtu (13/5) besok.

Tiara mencatat waktu 2,44 detik lebih lambat dari atlet Thailand, Vipavee Deekaballes, sementara Nining Purwaningsih mencatat waktu tercepat ketiga. Dengan hasil ini, Nining akan start di urutan tujuh sementara Tiara di urutan delapan dari 10 atlet. Dalam disiplin downhill, setiap atlet dilepas sendirian dan atlet yang mencatat waktu tercepat akan start di urutan paling akhir.

Melihat hasil yang dicapai Tiara dan Nining, manajer tim Budi Saputro mengatakan peluang untuk naik podium terbuka lebar.

“Tiara akan diminta untuk mengeluarkan semua kemampuan terbaiknya. Jika dia ingin menunjukkan bahwa dia salah satu atlet downhill terbaik di Asia, inilah saatnya!” kata Budi.

Di bagian putra, atlet Jepang menguasai tiga posisi teratas disusul oleh Chiang Sheng Shan dari Taiwan. Popo berada di urutan kelima dengan selisih waktu 2,4 detik dari Kazuki Shimizu. Hildan Afosma Katana dan Robet Agung Wahyudi menempati urutan tujuh dan sembilan, sementara Khoiful Mukhib di urutan 15.

Selain Jepang dan Taiwan, Popo dkk juga akan mendapatkan perlawanan dari atlet Thailand yang menempati urutan enam dan delapan.

“Tadi Popo masih main aman. Saat lomba tidak ada lagi main aman. Atlet kita punya peluang untuk naik podium dan itu yang akan kami kejar. Ramalan cuaca untuk besok cerah. Jadi, semua atlet akan memaksimalkan kondisi tersebut,” kata Budi lagi.

Untuk nomor cross country Olympic (XCO) yang berlangsung Minggu (14/5), Indonesia akan menurunkan Zainal Fanani dan Dicky Tri Syahputra.

ICF Editor | Tags: , ,