Jago Trials Dunia, Danny MacAskill, Siap Hibur Jakarta

August 1, 2017 6:00 pm

Jakarta. Disiplin sepeda trials mungkin masih agak asing di Indonesia dan penggemar olahraga, khususnya sepeda, bisa mengenal disiplin ini dari sang master, Danny MacAskill, yang akan tampil di Jakarta sebagai bagian dari acara pameran olahraga Goifex yang berlangsung 18-20 Agustus di Jakarta.

MacAskill akan tampil bersama dua rekannya, Duncan Shaw dan Ali C, dan penampilan di Jakarta ini merupakan bagian dari Danny MacAskill’s Drop and Roll Tour.

Popularitas pria asal Skotlandia ini menanjak berkat sebuah unggahan video di Youtube pada tahun 2009. Sejak itu, pamor MacAskill terus menanjak dan setiap videonya kini memiliki jutaan views di Youtube. Tak hanya itu, MacAskill juga memiliki jutaan pengikut di laman Facebooknya.

“Kami memang tidak mau setengah-setengah dalam melakukan sesuatu. Saat pelatihan trials national commissaire, kami berhasil mendatangkan presiden komisi trials UCI, Peter Fisch. Sekarang, untuk lebih mempopulerkan trials siapa lagi yang harus didatangkan kalau bukan atlet trials terbaik dunia, Danny MacAskill,” kata Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari.

Acara ini digagas oleh PB ISSI dan bekerja sama dengan Mahkota Promotion serta pameran olahraga dan kebugaran terbesar di Indonesia, GOIFEX. Selain untuk mempopulerkan disiplin trials, kedatangan MacAskill juga diharapkan bisa memberi eksposur lebih besar pada Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018.

“Danny MacAskill punya basis peggemar yang sangat banyak. Videonya di Youtube ditonton jutaan orang, laman Facebook-nya punya jutaan penggemar. Jadi apapun yang dia bagikan di media sosial, dampaknya akan besar. Itu yang ingin kami manfaatkan. Kehadiran Danny bisa jadi promosi buat Indonesia dalam rangka Asian Games dan Asian Para Games 2018,” kata Okto yang juga ketua Inapgoc.

Dengan waktu yang kurang lebih tinggal setahun, Asian Games dan Asian Para Games membutuhkan eksposur lebih besar lagi, utamanya secara internasional, maka gelaran seperti ini akan sangat berguna, kata Okto lagi.

“Kerja sama dengan GOIFEX juga bukan tanpa alasan. GOIFEX adalah pameran olahraga dan kebugaran terbesar di Indonesia. Cocok dengan semangat kami yang tidak pernah mau tanggung-tanggung,” ucapnya menambahkan.

CEO Elite Event Management, Dina Carol, sebagai penyelenggara Goifex mengatakan keterlibatan pihaknya berawal dari sebuah ketidaksengajaan.

“Saya bertemu dengan Bang Okto untuk mengajak PB ISSI berpartisipasi di Goifex. Tiba-tiba, dia malah menawarkan program Danny MacAskill’s Drop and Roll Tour. Saya sempat bertanya ke komunitas sepeda dan mereka menyambut antusias. Jadi kami mengambil kesempatan ini,” ujar Dina.

Danny MacAskill Drop and Roll Tour akan tampil pada 19-20 Agustus dengan dua kali pertunjukan setiap harinya. Pada hari pertama, Sabtu (19/8), pertunjukan akan berlangsung pada pukul 11.30 WIB dan 14.30 WIB, sementara di hari kedua, Minggu (20/8), pertunjukan akan dimulai pada pukul 15.00 WIB dan 16.30 WIB.

Tiket sudah bisa dibeli melalui situs resmi Goifex, www.goifex.com. Tiket terusan VIP untuk dua hari dijual seharga Rp 500.000 dengan paket tiket masuk untuk dua kali pertunjukan selama dua hari, meet & greet, dan merchandise. Untuk tiket VIP satu hari dijual dengan harga Rp 375.000 dengan paket tiket masuk untuk dua kali pertunjukan, meet & greet, dan merchandise. Tiket paling murah seharga Rp 150.000 per pertunjukan.

Saat ini, Mahkota Promotion sebagai penyelenggara terus melakukan persiapan, terutama untuk venue dan rintangan yang akan digunakan dalam pertunjukan. Rancangan dan pembuatan rintangan terus dikoordinasikan dengan pihak manajemen Danny MacAskill agar sesuai dengan standar yang mereka tentukan.

Tak hanya pertunjukan Danny MacAskill, berbagai kegiatan pendukung juga sudah disiapkan, yaitu push bike race untuk anak-anak usia 5-6 tahun, pump track challenge dan speed trials untuk remaja dan dewasa, serta sesi meet & greet. Informasi lebih lengkap tentang acara pendukung bisa dilihat di situs resmi PB ISSI, www.icf.id.

ICF Editor | Tags: ,