Mei 2018, Velodrome Bisa Dipakai

October 24, 2017 7:00 pm

Jakarta. Pembangunan Jakarta International Velodrome, yang terletak di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, terus dikebut pengerjaannya agar bisa segera digunakan untuk berlatih pada Mei 2018.

Hal tersebut dikatakan Project Manager Jakarta International Velodrome, Iwan Takwin, Selasa (24/10), saat ditemui di lokasi proyek.

Jakarta International Velodrome termasuk salah satu proyek yang dipercepat pembangunannya dan saat ini sudah memasuki tahap topping-off atau pemasangan atap. Nantinya, velodrome ini akan menjadi velodrome terbaik di Asia Tenggara.

“Pemasangan atap diharapkan selesai sebelum natal agar setelah itu kami bisa menutup seluruh ruangan untuk melakukan pengkondisian kelembaban. Hal itu harus dilakukan sebelum kami memasang lantai kayu,” ujar Iwan pada situs resmi PB ISSI.

Untuk memasang lantai kayu Siberian Wood diperlukan kondisi kelembaban maksimal 70 persen. Setelah itu, kondisi kelembaban harus terus dijaga agar tidak melebihi angka tersebut supaya lantai kayu tidak memuai. Pemasangan lantai kayu yang didatangkan dari Jerman dijadwalkan berlangsung mulai Januari tahun depan.

“Kami berharap bulan Mei 2018 velodrome sudah bisa digunakan untuk berlatih oleh atlet-atlet Indonesia. Seluruh proyek dijadwalkan selesai pada Juni 2018,” kata Iwan lagi.

Jakarta International Velodrome nantinya akan memiliki lintasan kayu dengan panjang 250 meter dengan tribun penonton yang bisa menampung 3.000 orang, dan juga ruangan VIP. Selain digunakan untuk kegiatan balap sepeda track, venue ini juga dirangan dan dibangun sebagai gedung multifungsi, yang bisa digunakan untuk kegiatan olahraga lain, seperti handball dan bola basket, dan juga untuk konser musik.

Tak hanya pembangunan velodrome yang dipercepat. Pembangunan infrastruktur penunjang, seperti jalur LRT yang melalui velodrome juga dipercepat.

“Saat berlangsungnya Asian Games 2018, jalur LRT fase pertama diharapkan sudah selesai. Jadi nanti penonton yang mau pergi ke velodrome bisa naik LRT dan turun di stasiun yang persis berada di sebelah venue ini,” kata Iwan.

ICF Editor | Tags: ,