PB ISSI Bidik Dua Kejuaraan Asia di Tahun 2019

February 18, 2018 3:00 pm

Kuala Lumpur. Pembangunan velodrome dan trek BMX untuk Asian Games 2018 membawa banyak dampak positif pada perkembangan balap sepeda nasional. Salah satunya adalah Indonesia akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Track Asia di tahun 2019.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari menjelang Kongres Asian Cycling Confederation di Kuala Lumpur, Malaysia, yang akan berlangsung Senin (19/2) besok.

“Kita sudah mempunyai velodrome kelas dunia, makanya harus bisa kita manfaatkan secara maksimal. Dan di Kongres ACC 2018 ini, Indonesia akan secara resmi ditunjuk menjadi tuan rumah Asian Cycling Championships untuk disiplin track di tahun 2019,” ujar Okto, Minggu (18/2).

Kejuaraan Track Asia menjadi langkah awal dari sesuatu yang lebih besar. PB ISSI sudah menyusun rencana untuk memanfaatkan Jakarta International Velodrome agar bisa mendongkrak prestasi Indonesia di disiplin track.

“Korea Selatan dan India adalah dua negara Asia yang menjadi UCI WCC Satellite Training Center, selain Jepang. Dan, kami melihat kemajuan yang signifikan dari tim India di kejuaraan tahun ini. Maka, kami mau meminta agar Indonesia juga bisa menjadi salah satu pusat pelatihan di Asia,” ucap Okto.

Saat ini, UCI memiliki World Cycling Center di Aigle, Swiss, sebagai pusat di mana beberapa atlet Indonesia pernah berlatih di sana. Selain itu, ada empat UCI WCC Satellite yang terdapat di Afrika Selatan, Jepang, Korea Selatan, dan India.

Tak hanya memanfaatkan pembangunan Jakarta International Velodrome, PB ISSI juga akan mengoptimalkan keberadaan trek BMX Pulomas, yang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

“Selain menjadi tuan rumah untuk disiplin track, saat ini kami juga berusaha melobi agar Indonesia bisa menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia untuk disiplin BMX untuk tahun 2019. Ada banyak keuntungan yang bisa kita petik jika menjadi tuan rumah. Kejuaraan Asia 2019 akan menjadi salah satu event untuk kualifikasi Olimpiade 2020. Sebagai event kontinental, Kejuaraan Asia memiliki poin yang tinggi dan sebagai tuan rumah kita juga akan mendapat poin lebih,” kata Okto lagi.

ICF Editor | Tags: , ,